Test tabrakan mobil dapat dilakukan secara virtual

test crashSetiap model mobil sudah melalui berbagai tahap dalam pembuatannya sampai dijual di pasaran. Salah satu tahap penting yang harus dilalui adalah tahapan test tabrakan mobil. Dengan test ini maka akan diketahui sejauh mana ketahanan mobil mengahadapi tabrakan.

Setiap melakukan test maka perlu disediakan beberapa mobil yang harus siap dibikin penyok, ancur dan amburadul. Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Nah, mungkin dari latar belakang tersebut kini sedang di bangun sebuah alat simulai khusus untuk melakuakn test tabrakan mobil secara digital.

Kenapa digital karena semua simulasi dilakukan dengan bantuan komputer dan dilakuakn secara virtual. Namun sebagai langkah awal tetap memerlukan mobil untuk dilakukan pengukuran untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Setelah semuanya siap maka simulasi dapat dilakukan berulang kali dan dari berbagai sudut.

Dengan teknologi ini maka tidak perlu melaukan test berulang ulang dengan mobil sungguhan. Jelas ini lebih murah. Terus dengan test dari berbagai sudut maka dapat diketahui bagian mana yang lemah dan bisa di perbaiki.

Sayangnya teknologi ini belum sepenuhnya rampung baru 90% masih perlu uji coba terus menerus untuk mensingkronkan data antara test secara konvensional dan digital. Saat ini untuk satu simulasi memmerlukan waktu 10 jam untuk memeperoleh hasilnya. Nah masih diperlukan komputer supercepat yang banyak.

Semoga teknologi simulasi ini bisa cepat selesai sehingga semakin mudah untuk mengetes kekuatan sebuah mobil produk baru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s